Sponsors

Sabtu, 07 Desember 2013

Yaris vs March vs Jazz vs Fiesta vs Mazda2

Yaris vs March vs Jazz vs Fiesta vs Mazda2.

All New Toyota Yaris, Nissan March 1.5, Honda Jazz, Ford Fiesta dan Mazda2 tergabung di kelas yang sama, yaitu Compact Hatchback bermesin 1.500 cc. Oleh karena itu tak ada salahnya menyandingkan mereka berlima. Apalagi mereka masih fresh sehabis facelift, kecuali Yaris.

Yaris yang disandingkan disini adalah All New Yaris 2014 yang sejatinya saat tulisan ini diketik, belum dijual di Indonesia. Namun Toyota sudah memperkenalkannya beberapa waktu yang lalu.

Mereka ini diberkahi fitur yang lengkap, sebut saja Mazda 2 dengan internet di head unit, Fiesta dengan SYNC, Jazz dengan spoiler, pelek 16 inci dan bodykit, Nissan March yang punya VDC (Vehicle Dynamic Control) dan Yaris yang kemungkinan juga punya internet di head unit berbasis Android. Which car wins? Let's find out.

TOYOTA YARIS TRD SPORTIVO A/T



Yaris baru ini sebenarnya sudah cukup keren. Dengan ditambah body kit racikan TRD Sportivo, All New Yaris tampil semakin gagah. Namun untuk spesifikasi lengkapnya dan tipenya, baru akan diinfokan Toyota saat All New Toyota Yaris resmi diluncurkan. Begitu pula harganya.


Body kit-nya memang dirasa cukup unik dan keren. Lihat saja efek lubang udara di body kit ditengahnya diberi lampu kabut belakang. Lampu yang lebih besar dan unik itu juga menghiasi buritan Yaris. Jangan lupakan efek jendela menyambung yang membuat atap Yaris terlihat melayang. Itu semua dipadukan dan membuat Yaris semakin gagah. Peleknya pun diwarnai smoke dan berukuran 16 inci.


Interiornya mirip Vios dengan layar digital yang bernuansa orange. AC digital, audio steering switch dan head unit 2-DIN telah terpasang apik di kabin Yaris ini. Speedometer tak lagi ditengah namun dipindah dibalik kemudi seperti normalnya.


Dapur pacu 1.497 cc 109 dk VVT-i ini masih digunakan pada All New Yaris. Disalurkan transmisi otomatis 4-percepatan, mesin ini bisa membawa Yaris lawas dari 0-100 km/jam dalam 11,73 detik. Masih data Yaris lama, jalan tol konsumsi BBM dapat mencapai 16,7 km/l atau 5,98 liter/100 km.

NISSAN MARCH 1.5 A/T



Secara produk, March akan berada satu kelas dengan Honda Brio, Mitsubishi Mirage, dan Toyota Etios Valco. Karena memiliki pilihan mesin 1.500 cc, maka March juga akan menggoyang pasar Compact Hatchback yang dikuasai oleh Honda Jazz dan Toyota Yaris. Hanya saja March ini lebih beraliran feminin-klasik sedangkan rivalnya spoty-modern.
Ubahan baru March terlihat dari gril yang mirip Nissan Rogue, Qashqai, Juke dan kawan-kawan. bentuk lampu juga diubah menjadi lebih dinamis. Tak lupa pelek palang delapan yang lebih segar. Begitu pula bumper yang makin manis.


Lampu berdesain baru ini ternyata telah berbohlam LED untuk lampu remnya. Kesan unik muncul dari sebuah panel yang dipasang di bagasi untuk menyamarkan lekukan antara bagasi dan bumper. Mungkin ini untuk alasan estetika, namun bila tak dipasang dengan baik malah menghancurkan estetika.


Bagaimana desain kabin Nissan March 1.5 terbaru? Karena tidak mengubah sasis, bentuk kabinnya masih sama dengan yang lama. Walaupun begitu, Nissan tidak kehilangan akal untuk membuatnya tampil lebih memikat.
Diantaranya dengan melabur kelir hitan piano di tengah dasbor. Kesan yang didapat, area audio terintegrasi dan AC climate control terlihat lebih rapi dan berkelas.


Mesin HR15DE ini juga digunakan pada Juke dan Grand Livina. Namun mesin ini hanya dapat melontarkan 102 dk sebagai hasil pemangkasan tenaga Nissan. Agak mengecewakan mengingat Brio Sports saja sudah bertenaga 100 dk hanya dengan mesin 1.339 cc.

HONDA JAZZ RS A/T



Jazz semakin sporty dengan lampu depan-belakang smoke, lambang RS di gril, pelek baru, spoiler atap yang ditambahkan pada awal 2013. Jazz ini juga dipasangi head unit bermonitor merek JVC. Hatchback yang berdimensi sedikit lebih besar dari rivalnya ini dibanderol 231 juta rupiah, lebih mahal Rp 40 juta dari March termahal. Oh ya, Jazz ini akan segera digantikan pada September 2014 oleh All New Jazz.


Jazz RS tampil dengan bumper belakang yang dihiasi perangkap udara yang tidak berfungsi untuk menangkap angin, cuma hiasan. Lampu putih LED yang di-smoke telah terpasang standar pada mobil 1.500 cc ini. Begitu pula spoiler yang membantu aerodinamika hatchback Honda yang hadir sejak 2004 ini.


Interior yang bentuknya unik ini telah dipasangi head unit bermonitor 6,1 inci yang mampu memutar musik lewat USB, iPod dan DVD. Tak lupa juga paddle shift. Dibelakang pelipatan bangku yang praktis yang dinamakan Ultra Seat yang saat dilipat dapat menambah volume bagasi, meski begitu tanpa dilipat bagasinya sudah cukup memadai. Bangku baris kedua terluas di kelasnya.


Di bonnet kecil Jazz tersimpan mesin 1.497 cc i-VTEC dapat memuntahkan tenaga hingga 120 daya kuda dan dapat melesatkan Jazz matik dari berhenti sampai 100 km/jam dalam waktu 11,17 detik. Berkat transmisi 5-speed, konsumsi BBM tol dapat mencapai 18,4 km/l alias 5,43 liter per 100 kilometer.

FORD FIESTA 1.5 SPORT A/T


September lalu Fiesta baru saja disegarkan dengan beberapa ubahan pada eksterior, interior dan mesin. Eksterior tidak banyak ubahan, namun cukup mengubah wajahnya secara keseluruhan. Gril yang tadinya kecil dibuat besar berbentuk trapezoidal. Kebalikannya, kisi udara di bumper yang tadinya besar justru diperkecil. Sepintas mirip Aston Martin.


Di belakang perbedaan hanya tersua di lampu belakang yang lebih clear plus pelek yang mirip dengan Fiesta 1.4 lama namun lebih besar dan segar. Agak mengecewakan karena peleknya tak sesuai dengan nama tipenya, Sport atau biasa disingkat S, namun malah elegan.



Di interior perbedaan terlihat pada bagian tengah yang dilapisi warna hitam kinclong. Sebenarnya ubahan di dalam tak terlalu istimewa, namun fiturnya-lah yang istimewa. Ya, sebagai upaya Ford menambah value dari Fiesta, beberapa fitur kenyamanan ditambahkan. Seperti keyless entry, tombol Start/Stop Engine, sensor hujan dan AC climate control.

Fitur baru lainnya adalah Ford SYNC. Terdapat dua pilihan pairing, yakni Bluetooth atau kabel USB. Jadi anda dapat memutar lagu dari gadget atau menelepon, namun dengan kendali berada di monitor di tengah dasbor. Fitur voice command tetap dipasang dalam Fiesta termewah ini. 



Di atas kertas, Fiesta 1.5 1.499 cc 4-silinder Duratec dan Ti-VCT kalah performa dari pendahulunya yang bermesin 1.596 cc. Model lawas mencetak tenaga 120 dk di 6.000 rpm dan torsi 152 Nm di 4.050 rpm. Sedangkan 1.5 hanya 109 dk dan 140 Nm. Akselerasi tipe 1.5 pun kalah dari 1.6. Tipe 1.5 hanya mencatat 12,39 detik untuk menuntaskan 0-100 km/jam. Sedangkan tipe 1.6 cukup 10,80 detik. 

MAZDA 2 RZ A/T






Tahun lalu bersama saudara sedannya ia baru saja disegarkan untuk memantapkan posisi di kelas Compact Hatchback. Dan terbukti perubahan itu cukup bermanfaat. Kini di tipe RZ, Mazda telah memasang In Car Entertainment (ICE) yang mampu dipakai untuk navigasi, berselancar internet, menikmati saluran televisi lokal, hingga mendengarkan alunan musik dari radio, MP3, MP4, DVD hingga SD card yang tidak dimiliki beberapa pesaingnya.


Ia telah dilengkapi pelek 16 inci yang mempercantik penampilan Mazda2 yang sudah cantik. Namun konsekuensinya bantingannya cukup keras akibat ban yang tipis. Kalau mau lebih empuk bisa pilih tipe V yang bannya lebih tebal walaupun peleknya lebih kecil. Mazda2 RZ juga telah dilengkapi lampu depan projector yang membuat cahaya makin terang.


Di dalam, corak hitam mendominasi kabin. Mazda2 tipe RZ sudah dipasang jok kulit yang memberi kesan mewah pada kabin. Selain itu tombol audio multifungsi yang memudahkan saat ingin mengganti frekuensi radio atau merubah volume suara. Menariknya, tuas transmisinya diletakkan di dasbor seperti Daihatsu Sirion.


Mesin 1.498 cc ini siap menghantarkan Mazda 2 dari 0-100 km/jam dalam 11,4 detik. Selain itu konsumsi BBM mobil ini di tol dapat mencapai 16,6 km/l dan kombinasi 13,65 km/l.

TOYOTA YARIS TRD A/T
NISSAN MARCH 1.5 A/T
HONDA JAZZ RS A/T
FORD FIESTA S A/T
MAZDA 2 RZ A/T
Harga on-the-road
N/A
Rp 191 juta
Rp 234 juta
Rp 228,85 juta
Rp 237,8 juta
Panjang/wheelbase
4.115 mm/2.550 mm
3.780 mm/2.440 mm
3.920 mm/2.500 mm
3.982 mm/2.489 mm
3.913 mm/2.490 mm
Lebar/tinggi
1.700 mm/1.475 mm
1.665 mm/1.525 mm
1.695 mm/1.525 mm
1.978 mm/1.489 mm
1.695 mm/1.470 mm
Ground clearance
136 mm
141 mm
N/A
155 mm
147 mm
Mesin/kapasitas
4 inline/1.497 cc
4 inline/1.498 cc
4 inline/1.497 cc
4 inline/1.498 cc
4 inline/1.498 cc
Tenaga maksimum
109 dk/6.000 rpm
102 dk/6.000 rpm
120 dk/6.600 rpm
109 dk/6.300 rpm
103 dk/6.000 rpm
Torsi maksimum
141 Nm/4.200 rpm
104 Nm/4.000 rpm
145 Nm/4.800 rpm
140 Nm/4.400 rpm
135 Nm/4.000 rpm
Transmisi
4-spd matik/fwd
4-spd matik/fwd
5-spd matik/fwd
6-spd matik/fwd
4-spd matik/fwd
Bobot
N/A
1.012 kg
1.090 kg
1.148 kg
1.029 kg
0-100 km/jam
N/A
N/A
11,17 detik
12,39 detik
11,4 detik
Konsumsi bbm dalam kota/tol
N/A
N/A
11,1/18,4 km/l
12,19/17,24 km/l
10,7/16,6 km/l


Yaris
March
Jazz
Fiesta
Mazda2
Harga
70
85
70
75
70
Performa
80
75
90
80
80
Pengendalian
85
75
88
85
85
Kenyamanan
80
80
80
80
80
Konsumsi BBM
85
85
85
90
80
Akomodasi
80
75
90
85
80
Desain Eksterior
90
80
90
90
90
Desain Interior
90
80
85
85
80
Fitur
90
90
85
95
90
Fun to Drive
88
75
90
85
85
Total
838
800
853
850
820


1. HONDA JAZZ RS A/T










2. FORD FIESTA 1.5 SPORT A/T










3. TOYOTA YARIS TRD SPORTIVO A/T 2014










4. MAZDA2 RZ A/T










5. NISSAN MARCH 1.5 A/T










KESIMPULAN


Kesimpulan kami adalah, jangan paksa sebuah mobil naik kelas. Karena tanpa merubah basisnya si mobil akan kesulitan bertempur dengan pesaingnya. Terbukti, Nissan March 1.5 masuk ke posisi terakhir. Ia kalah dalam poin performa, pengendalian, akomodasi, desain dan fun to drive. Memang March tak dibekali Nissan sebagai mobil yang fun to drive, yaitu poin yang dibutuhkan di kelas ini.


Kesimpulan kedua adalah kadang yang berpengalaman-lah yang menang. Mengapa? Jazz hadir di Tanah Air sejak 2004. Sisanya? Fiesta 2010, Yaris 2006, Mazda2 2009 dan March 2011. Bahkan March 1.5 baru saja hadir di Indonesia.

Comments
1 Comments

1 komentar:

posisi 1 dan 2 hanya selisih 3 poin , saya masih bingung memilih jazz atau fiesta. mohon lebih dicerahkan kembal

Posting Komentar